Pengertian Bios

Bios
Bios


Pengertian Bios

 Bios (Basic Input Output System) merupakan sebuah program atau perangkat lunak antar muka tingkat rendah yang berfungsi mengendalikan atau mengkontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer.BIOS disimpan atau ditanamkan didalam ROM (Read Only Memory).
 BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard),bios umumnya dibuat dengan dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin bersangkutan.Bios pertama kali muncul dalam sistem operasi cp/m.Bios merupakan bagian dari cp/m yang dimuat pada proses booting dimulai beberapa mesin yang menjalalankan cp/m memiliki boot loader sederhana dalam ROM.Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.COM(IBM PC-DOS)dan"10.sys"(MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya cp/m disk bios.

Fungsi Bios

 Bios dalam sistem komputer merujuk kepada kumpulan program atau perangkat lunak yang mampu melakukan beberapa proses sebagai berikut:
1.Inisialisasi atau penyalaan dan pengujian terhadap perangkat keras dalam suatu proses yang disebut dengan power onself TEST atau POST.
2.Memuat dan menjalankan sistem operasi
3.Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer
(tanggal,waktu,konfigurasi media penyimpanan,konfigursai,proses booting,kinerja,serta kestabilan komputer)
4.Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan Bios Runtime Services.
 Keberadaan Bios dalam sistem komputer mempunyai fungsi dan peranan yang sangat penting dalam mengelola sumber daya komputer,sebelum fungsi bios antara lain ialah;
1.Mengenali semua hardware PC yang telah terpasang (selesai dirakit),seperti hardisk.CD/DVD ROM
2.Mengetahui spesifikasi dari masing-masing hardware PC.Seperti kapasitas dan merk hardisk atau CD/DVD ROM
3.Melakukan pengujian terhadap semua hardware PC yang terpasang yang dikenal dengan istilah Power On Self TEST
4.Menentukan perubahan pengaturan date and time
5.Menentukan urutan booting yang akan digunakan untuk melakukan proses instalasi sisten operasi
6.Mengeksekusi MBR (Master Boot Record) yang berada pada sektor pertama pada hardisk,yang fungsinya ialah untuk memanggil sistem operasi dan menjalankannya.

Jenis-Jenis BIOS

 Terdapat beberapa perusahaan yang menyediakan bios komputer antara lain
-award software:Jenis bios ini meliputi antara lain:award bios,award modular bios,dan award medailion bios
-phoenix technologis:Industri ini meluncurkan versi bios antara lain:phoenix bios,dan setelah merger dgn award software,meluncurkan phoenix-award bios
-american megatrends incoporated (AMI):Industri ini mengeluarkan beberapa jenis seperti : AMI BIOS,dan AMI WinBIOS
-PARA OEM (original equipment malufactural),seperti it ewlett-pack ard/compag,IBM/lenovo,Dell computer dan OEM-OEM lainnya
-Acer labs,microld research,LSI Logic,Winbond

Sekian pengertian dari sistem booting-bios,apabila ingin mencopy/sharing artikel ini harap cantumkan sumbernya terlebih dahulu.Terima Kasih

1 Response to "Pengertian Bios"